Tips Beli Oleh-oleh di Tanah Suci



Banyak toko di tanah suci menjual oleh-oleh umrah mulai dari  kebutuhan sehari-hari seperti makanan, pakaian, alat cuci-mandi, bahkan hingga menjual berbagai kebutuhan oleh-oleh yang bisa dibawa ke tanah air. Ada beberapa tips ketika Anda memutuskan untuk membeli oleh-oleh umrah di tanah suci.
  1. Tukarlah mata uang rupiah Anda dengan Riyal Saudi Arabia di Indonesia. Tapi, jika uang Anda dolar Amerika sebaiknya di tukar di Tanah Suci saja. Perbedaan nilai tukar uang bisa membantu Anda menghemat.
  2. Teliti kembali daftar belanjaan Anda setelah melakukan survey di Tanah Suci.
  3. Atur jadwal belanja dengan baik agar tidak bertabrakan dengan jadwal kegiatan haji atau umrah.
  4. Pada bulan-bulan haji, barang-barang biasanya dibanderol cukup mahal. Lakukan tawar-menawar. Apabila pedagang mengatakan ‘kalam akhir’ itu bukan berarti harganya sudah tidak dapat ditawar. Terus lakukan penawaran agar Anda mendapatkan harga yang murah! Harga yang ditawarkan para pedagang bisa turun hingga sepertiganya.
  5. Harga barang di Madinah lebih malah dari pada di Makkah. Tapi, untuk buah kurma, harga di Madinah lebih murah dan kualitasnya lebih bagus dibandingkan di Makkah.
  6. Pedagang Arab menganggap orang Indonesia suka berbelanja tanpa banyak pertimbangan. Karena itu, harga yang di tawarkan kepada orang Indonesia kadang lebih mahal.
  7. Berbelanjalah secara bergerombol untuk meminta pertimbangan harga dari teman-teman Anda.
  8. Oleh-oleh untuk keluarga di kampung halaman sebenarnya dabat dibeli di tanah air, seperti di Pasar Tanah Abang, Jakarta atau di Pasar Turi, Surabaya. Belanja oleh-oleh di tanah air jauh lebih hemat, hanya saja nilai ‘Tanah Suci’nya tidak ada.
  9. Belilah sesuai kebutuhan. Belanja secara berlebihan dilarang oleh agama. Selain itu, kapasitas barang bawaan Anda juga dibatasi hanya sampai 40 Kg di pesawat.
  10. Untuk barang yang harganya mencapai ratusan riyal, tawarlah hingga 50% di bawahnya. Misalnya, jika harga suatu barang 200 riyal, tawarlah 100 atau 90 riyal. Jika harganya hanya puluhan riyal, para pedagang umumnya hanya mengambil untung sedikit.
  11. Barang-barang merek terkenal yang ditawarkan di jalan-jalan dan dibanderol dengan harga murah diduga kuat palsu. Misalnya jam tangan Redo, Rolex, atau semacamnya.

Redaksi: Brilly El-Rasheed
Admin: Rara Putri
Iklan Rp 50.000,- perbulan? Hubungi faidahislamiyyah@gmail.com





Related

UMRAH 6695472498661473493

Posting Komentar Default Comments

emo-but-icon

Assalamu'alaikum

Selamat datang di Faidah Islamiyyah. Semoga apa yang kami sajikan bermanfaat untuk Anda. Sampaikan saran dan komentar melalui 081515526665 atau 082140888638!
Please install the Flash Plugin

Hot in week

Comments

Citizen Journalist

Kirim tulisan inspiratif Anda melalui faidahislamiyyah@gmail.com. Sertakan identitas dan blog Anda.
item