4 Hal Hebat yang Dilakukan Otak Saat Manusia Lelap

Bicara tentang otak dan akal, Al-Qur’an memiliki cakupan yang luas tentang  akal dan otak, seperti pada ayat berikut ini :

“(Orang yang berakal adalah) orang-orang yang mengingat (yadzkuruna) Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring dan mereka berpikir (yatafakkaruna) tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): “Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia. Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka,” [QS. Al-Imraan: 190-191].

Lebih jauh lagi Al-Qur’an menjelaskan bahwa orang-orang yang berakal adalah orang-orang yang memadukan fungsi antara pikiran (Cortex) dan perasaan (sistem limbik) secara maksimum, sehingga ketika memperoleh keyakinan (kesimpulan tertinggi berupa keimanan) bakal menggetarkan jantung-hati (Qalb), yang berada di dalam dada.

Dilansir dari laman huffingtonpost.com, saat tidur, otak melakukan banyak hal yang akan menjamin kesehatan fisik maupun psikis seseorang. Dan berikut adalah beberapa hal yang dilakukan otak selama kita tertidur. Simak baik-baik ya. Pastikan bahwa Anda memiliki tidur cukup agar kesehatan fisik maupun psikis Anda selalu terjaga dengan baik.

Membuat Keputusan

Penelitian yang diterbitkan di dalam Journal Current Biology menemukan bahwa otak memproses rangsangan yang kompleks saat tidur. Ketika kita terjaga, maka akan ada banyak informasi yang didapatkan dan nantinya disimpan dalam otak. Sementara ketika tidur, informasi yang telah tersimpan inilah akan diproses dalam otak. Setelah dilakukan pemrosesan dengan baik, seseorang akan menemukan jawaban atas informasi yang telah diperoleh sebelumnya. Termasuk informasi dan kemantapan hati untuk memutuskan sesuatu.

Meningkatkan Kemampuan Daya Ingat

Penelitian mengungkapkan jika saat tidur, otak akan beristirahat sekaligus bekerja aktif dalam mengumpulkan informasi yang telah diperoleh saat terjaga. Tidak jarang, saat tertidur seseorang akan bermimpi mengenai kehidupan nyata sehari-hari. Kemampuan otak yang baik dalam menyimpan segala informasi tidak jarang akan merangsang kembali ingatan tersebut ke dalam sebuah mimpi. Dan saat tidur, otak juga bekerja dengan baik dalam menyimpan sekaligus membuka kembali segala informasi yang telah ia peroleh.

Menciptakan Ide Baru

Saat tidur, otak akan menciptakan ide-ide baru. Beberapa study menyebutkan jika saat tidur, otak tidak sepenuhnya istirahat. Otak justru akan bekerja  lebih aktif, segar sekaligus rileks. Karena kemampuan inilah, tidak jarang orang-orang akan menemukan ide baru justru ketika baru saja terbangun dari tidur. Beberapa orang bahkan dikatakan memiliki kemampuan menganalisa ketika mereka sedang tertidur. Walaupun secara fisik orang tersebut tertidur, telinga dan otaknya masih bekerja dengan baik.

Membersihkan Racun

Para peneliti di University of Rochestermenemukan bahwa selama tidur, otak akan membersihkan beberapa racun berbahaya terkait dengan neurodegeneration. Dr. Nedergaard dari National Institutes of Healthmengungkapkan jika saat tidur, otak akan membersihkan segala bentuk racun kemungkinan besar membahayakan kesehatan dan performanya.


Redaktur: Brilly

Sumber: Vemale.com

Editor: M. Maftuhin

Related

INSPIRASI 873790929446943028

Posting Komentar Default Comments

emo-but-icon

Assalamu'alaikum

Selamat datang di Faidah Islamiyyah. Semoga apa yang kami sajikan bermanfaat untuk Anda. Sampaikan saran dan komentar melalui 081515526665 atau 082140888638!
Please install the Flash Plugin

Hot in week

Comments

Citizen Journalist

Kirim tulisan inspiratif Anda melalui faidahislamiyyah@gmail.com. Sertakan identitas dan blog Anda.
item